Asal Usul Nama Glodok – Toponimi Betawi

kebudayaan betawi – Asal Usul Nama Glodok Sejak jaman belanda, Kecamatan Taman sari Jakarta barat sudah dikenal sebagai Kawasan pecinan peta peta Batavia lama menyebutkan Kawasan ini sebagai Sineesh Kamp atau kampung cina. Baru pada tahun 1897 kawasan ini disebut Glodok.

Asal Usul Nama Glodok-konon mengacu pada bunyi suara air pancuran berbentuk persegi delapan ditengah halaman balai kota yang dibangun tahun 1743 namun adapula yang mengatakan nama glodog berasal dari kata gologog atau pintu masuk dari Pelabuhan sunda kelapa pada masa kerajaan pajajaran dengan mayoritas penduduknya keturunan tionghoa,

Kawasan Glodok ini merupakan Kawasan pecinan terbesar di Batavia yang selalu ramai kini glodok dikebal sebagai salah saru central perniagaan elektronik terbesar di Jakarta beberapa bangunan

bersejarah dikawasan kota tua ini masih tetap berdiri dan dapat dikunjungi seperti :

  • Klenteng Kim tek le yang dibangun tahun 1650
  • Klenteng Toasebio tahun 1751
  • Gereja Santa Maria De Fatima awal abad 19
  • Gedung Toko Obat Tahji hoo Tong 1921
  • Warung kopi Es TanKie tahun 1927
  • Toko pangkas rambut Ko Tang Kapperzaak tahun 1936
  • Toko Tiang Liong

Glodok pun tak hanya terkenal dengan perniagaannya, namun kawasan paling dekat dengan Museum Fatahillah yang hanya berjarak 1,5 kilometer dari glodok ini juga dikelilingi tempat cagar budaya lainnya yang terkenal.

Seperti adanya beberapa kelenteng di Jalan Kemenangan III, Tamansari. Masyarakat lebih mengenal kelenteng Petak Sembilan dibandingkan nama wiharanya. Salah satu dari Vihara Dharma Bhakti yang sangat melegenda dan menjadi kelenteng tertua di Ibu Kota.

Untuk mencari makanan khas Tionghoa pun lebih mudah di kawasan glodok ini. Sebab terdapat beberapa pasar yang mudah dijangkau dari kelenteng.

Asal Usul Nama Glodok-Pasar itu menjual beragam makanan seperti kue keranjang, asinan, permen khas Tionghoa hingga minuman khasnya. Seperti halnya Pasar Pancoran, di sana masyarakat menjual katak yang telah dikuliti ataupun masih hidup untuk obat tradisional.

Untuk makanan khas, seperti di Pasar Pancoran lebih tepatnya di Gang Gloria menyediakan banyak makanan dan minuman mulai dari mie, nasi sampai kopi.

Asal Usul Nama Glodok-Namun, saat  mengunjungi lokasi tersebut tidaklah ramai disebabkan para pedagang sebagian menutup usahanya untuk berkunjung ke sanak saudara merayakan Imlek bersama. Hanya beberapa warung makan yang terlihat ramai dikerumuni oleh masyarakat Tionghoa bersama keluarganya.

Simak juga Asal usul Pasar Minggu

Check Also

Cara Buat Gabus Pucung

Cara Buat Gabus Pucung Khas Betawi

kebudayaan betawi – Cara Buat Gabus Pucung Khas Betawi. Gabus pucung adalah masakan khas Betawi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *