Sudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Selatan Mengelar Festival Kebayoran Lama

Sudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Selatan Mengelar Festival Kebayoran Lama

Jakarta, 27 – 28 Agustus 2022, Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Selatan menggelar Festival Kebayoran Lama (FKL) yang bertempat di halaman Gedung Transmart Cipulir, Kebayoran Lama.

Sudin Parekraf Jaksel berkolaborasi dengan lembaga termasuk Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB).

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Kebayoran Lama, Ketum Lembaga Kebudayaan Betawi Tokoh Masyarakat, seperti Bapak. H. Ali Muhammad Johan C, SE, Hj. Meilani Leimena Suharli, Ibu Hj. Hana Hasanah Fadel Muhammad, H. Abu sadeli, serta tokoh masyarakat lainnya.

Dalam terselenggaranya acara ini Camat Kebayoran lama mengapresiasi festival Kebayoran Lama Cipulir yang digelar atas kolaborasi para jajarannya, ” Kegiatan ini sangat penting untuk melestarikan budaya Betawi agar lestari di Jakarta ini.” Ujar Bapak Iwan(Sabtu 27/8).

Masih menurut Camat Kebayoran Lama, menurutnya sebagai Ibu Kota Negara, DKI Jakarta setiap hari harus terus berbenah mempercantik diri dan membangun sarana dan prasarana sesuai kebutuhan para warganya.

Dalam hal ini, peran serta kontribusi masyarakat juga dinilai wajib dilibatkan agar tetap mengalir dan bakal terciptanya inovasi baru. Selain dari pada itu juga kegiatan ini pun dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Ketua Pelaksana Festival Kebayoran Lama Cipulir juga menuturkan bahwa “Kegiatan yang digelar dua hari ini, dari 27-28 Agustus 2022. Dalam kegiatan ini ditampilkan seni dan budaya Betawi seperti pertunjukan musik gambang kromong, Musik Gambus, dialog budaya, silat, Band Betawi dan tari-tarian Betawi dan lomba menghias tumpeng”.

Dalam kegiatan ini juga ada sekitar 33 stand UMKM yang menjual berbagai makanan khas betawi seperti dodol, kerak telor, rujak dll. Yang tentu tujuannya agar masyarakat dapat meningkatkan perekonomiannya lewat festival ini.

Pada acara malam ada Hiburan gambus, masyarakat sangat antusias sekali. Tidak terduga sekali ada tamu istimewa yaitu Bapak H. Fadel Muhammad beserta keluarga dan beberapa koleganya, sempat menonton acara tersebut.

“Selain itu disini juga ada pengecekan gula darah dan imunisasi campak bagi anak usia balita,”ujarnya.

Di hari kedua acara dimulai dari pagi hari, dengan diisi berbagai kegiatan lomba, salah satunya lomba pemilihan Abang None Cilik. Lagi-lagi hal tak terduga, acara sempat dihadiri oleh salah satu actor, content creator, Youtuber Baim Wong. Hal ini semakin menambah ramainya kegiatan tersebut.

Di lain kesempatan Lurah Cipulir Bapak Abdurrahman Effendi, SE mengatakan, sangat senang kegiatan ini dilakukan di wilayah kerjanya, hal ini tentunya menambah rasa silaturrahmi antar warga, dan yang sangat penting meningkatkan nilai ekonomi warga sekitarnya.

 

Check Also

BUDAYA BETAWI IKUT BERPARTISIPASI DALAM PESTA KESENIAN BALI 2022

Pesta Kesenian Bali diadakan selama sebulan penuh dari 12 Juni-10 Juli 2022 dengan melibatkan 16.150 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *