Bang Beky menghadiri sekaligus membuka acara Festival Pencak Silat Merah Putih Astrabi Korwil Jakarta Selatan

Bang Beky menghadiri sekaligus membuka acara Festival Pencak Silat Merah Putih Astrabi Korwil Jakarta Selatan

Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi Bang H. Beky Mardani, menghadiri sekaligus membuka acara Festival Merah Putih Astrabi di Hajatan Kampung Rawajati ke-Tiga, di Jalan DPR Raya RW 05 Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Minggu (4/9/2022).

Bang Beky mengatakan, kegiatan ini harus dilanjutkan setiap tahunnya agar kebudayaan Betawi selalu hidup di tengah masyarakat Jakarta pada umumnya dan masyarakat Betawi pada khususnya.

“Ini adalah sebagai bentuk konsekuensi kita, tanggung jawab kita, untuk selalu menghidupkan kebudayaan Betawi terutama sekali pencak silat tradisi Betawi. Karena kalau bukan kita, siapa lagi. Jadi kita sendiri yang harus merawat, menjaga, agar kebudayaan ini tetap hidup,” ucapnya.

“Insya Allah kegiatan ini aka terus digaungkan agar festival Pencak Silat Tradisi Betawi, yang akan diikuti oleh Perguruan silat yang ada di DKI Jakarta semakin besar dan bagus,” tandasnya bang Beky.

acara juga dihadiri oleh Ketum Astrabi Bang H. Yusron Syarief, Lurah Rawajati Bapak H. Supeno, Ibu Gusti Ratu Setiawati adik dari Sultan Kanoman XII ( Sultan Muhammad Emirrudin).

 

 

Sementara, Ketua Panitia Hajatan Kampung Rawajati Tiga Bang Prie Mulya Pribadie atau biasa dipanggil Bang Lie mengatakan, ada dua hajatan dalam kegiatan ini. Pertama adalah pekan olahraga, kedua yaitu seni dan budaya. Dirinya menambahkan, kegiatan akan berlangsung selama tiga hari, yang telah dimulai sejak kemarin, Jumat (2/9), dan akan berakhir pada Minggu (4/9). Setiap acara selalu menekankan kepada sektor Ekonomi Kreatif, UMKM serta  seni budaya.

Sementara itu bang Zen selaku Dewan Kota Jakarta Selatan, mengatakan tempat ini sangat mendukung untuk peningkatan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta Selatan. Hal ini juga akan terus diperjuangkan kepada Sudin Pariwisata dan Ekonomi kreatif, untuk bisa berkolaborasi dengan masyarakat sekitar.

Semalam juga digelar acara talkshow mengenang Perjuangan Almarhum Anwar Albatawie, dalam mengembangkan dan mempromosikan Pencak silat Tradisi Betawi. Acara berlangsung cukup menarik dipandu oleh Babe Doel dengan Narasumber Rizkia Anwar Albatawie (Putri Pertama Almarhum H. Anwar Albatawie) , Ketum Astrabi Bang H. Yusron Syarief dan Bang H. Abu Sadeli (sahabat sepermainan dari kecil).

   

Selanjutnya kegiatan ditutup dengan hiburan gambang kromong dan lenong si Noray dengan bintang tamu bang Sabar bin Bokir.*

Check Also

BUDAYA BETAWI IKUT BERPARTISIPASI DALAM PESTA KESENIAN BALI 2022

Pesta Kesenian Bali diadakan selama sebulan penuh dari 12 Juni-10 Juli 2022 dengan melibatkan 16.150 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *