SETU BABAKAN MERAIH GELAR DESA WISATA PERINGKAT PERTAMA (1) KATEGORI CHSE

SETU BABAKAN MERAIH GELAR DESA WISATA PERINGKAT PERTAMA (1) KATEGORI CHSE

SETU BABAKAN MERAIH GELAR DESA WISATA PERINGKAT PERTAMA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar event Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, pada Jumat (30/04) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Syukur Alhamdulillah Desa Wisata Setu Babakan mendapatkan peringkat Satu (1) dalam kategori CHSE, semoga penghargaan ini dapat terus menjadi pemicu masyarakat sekitar dan pengelola untuk terus meningkatkan kebersihan dan kenyamanan pengunjung.

Kawasan Desa Wisata Setu babakan merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi jika ingin mempelajari seputar budaya Betawi. Di tempat ini terdapat Museum Betawi Setu Babakan dengan segala koleksinya yang menampilkan budaya Betawi, di antaranya baju adat untuk pernikahan, ondel-ondel, serta barang-barang yang kerap ditemui di kediaman orang Betawi.

Tidak hanya itu, ada juga Pustaka Betawi spot kecil di dekat pintu masuk museum yang memiliki banyak pilihan buku seputar budaya Betawi. Jika keluar dari museum melalui pintu belakang, wisatawan dapat melihat enam rumah adat Betawi yang mencakup empat tipe rumah adat Betawi di sekitar amfiteater.

SETU BABAKAN MERAIH GELAR DESA WISATA PERINGKAT PERTAMA. Museum Betawi Setu Babakan memiliki tiga lantai dengan koleksi tematik. Lantai 1 memiliki tema “Galeri Pengantin Betawi” pada sisi kiri gedung dan “Galeri 8 Ikon Budaya Betawi” pada sisi kanan gedung.

Koleksi baju adat Betawi dapat dilihat di Galeri Pengantin Betawi. Galeri tersebut memajang beberapa koleksi baju adat Betawi yang digunakan saat acara pernikahan, kotak untuk membawa seserahan seperti roti buaya, dan replika roti buaya.Suasana Sejuk,banyak spot foto yang menarik, wisata air, olahraga air dan lain-lain.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf. Event ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 mengangkat tema “Indonesia bangkit”. Tema ini diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi COVID-19.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 memiliki tujuh kategori penilaian. Kategori tersebut antara lain: penerapan CHSE (C_leanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability),_Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet.

Melalui kategori-kategori ini diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi desa wisata berkelanjutan. Selain itu, juga mampu meningkatkan kualitas desa wisata di Indonesia, serta mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan, dan Mampu Mendorong Pembangunan daerah dan Kesejahteraan”. (Sumber berita : https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Anugerah-Desa-Wisata-Indonesia)

 

 

Check Also

MISI MUHIBAH PESILAT CONGKOK KEMBANGKAN SILAT BETAWI DI CHILE

MISI MUHIBAH PESILAT CONGKOK KEMBANGKAN SILAT BETAWI DI CHILE

KEBUDAYAAN BETAWI.COM – Rombongan pesilat Betawi dari PPS Congkok yang mengadakan muhibah ke Chile tiba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *