Setu Babakan Pintu Masuk
Setu Babakan Pintu Masuk/foto: LKB

Setu Babakan Wisata Cermin Kampung Budaya Betawi

kebudayaan betawi – Setu Babakan, Masyarakat Jakarta tentu sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata Setu Babakan. Kawasan yang menjadi pusat segala macam kegiatan budaya Betawi ini terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Kampung Budaya Betawi (KBB) merupakan cikal bakal dari Pusat Kebudayaan Betawi, tempat berkembangnya keindahan alam dan tradisi Betawi yang meliputi: agama, budaya, dan seni Betawi.

Ide dan keinginan untuk membangun pusat budaya Betawi sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 90-an. Kemudian, oleh BAMUS BETAWI (Badan Penasehat Masyarakat Betawi) periode 1996-2001, keinginan ini dituangkan dalam rancangan program kerja yaitu “Pembangunan Pusat Kebudayaan Villa Betawi”.

Nah, yang perlu kita pahami bersama adalah bahwa Kampung Budaya Betawi tidak diciptakan untuk “Aborigin” orang Betawi dan tidak semata-mata untuk tujuan pariwisata. Tetapi lebih kepada pelestarian, pengembangan dan penataan budaya Betawi.

Pada tanggal 10 Maret 2005, Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2005 tentang Pembentukan Kampung Budaya Betawi di Desa Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Mungkin sebagian dari Anda juga penasaran ingin tahu apa saja yang terjadi di Kampung Budaya Betawi Setu Babakan dan wisata apa saja yang ditawarkan di kawasan seluas 289 hektar ini.
Berikut kebudyaanbetawi.com merangkum beberapa fakta yang terdapat dalam Setu Babakan ini, yang ditulis Selasa (15/9/2020).

Sumber hukum

Kampung Budaya Betawi merupakan program pembangunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Program Berbakti Gubernur) dalam rangka memenuhi amanat UUD 1945 (Pasal 32 ayat 1 dan 2) dan UU No. 29/2007 bab V/pasal 26 ayat 6 yang memuat “Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi serta melindungi berbagai budaya lokal lainnya di Provinsi DKI Jakarta”.

Potensi wisata

Kawasan seluas 289 hektar ini memiliki banyak potensi wisata yang bisa kita temukan. Berbagai aktivitas sehari-hari masyarakat Betawi bisa kita saksikan, seperti praktik memukul (silat), ngederes, aqiqah, menginjak tanah, khitanan pengantin dan lain-lain. Kampung Budaya Betawi Setu Babakan memiliki potensi wisata yang luar biasa dan menarik, karena hanya di Setu Babakan anda bisa menikmati 3 objek wisata sekaligus. Yakni, wisata budaya, wisata air dan agrowisata. Sepanjang hari di Desa Budaya Betawi Setu Babakan, Anda akan merasakan keramahan penduduk, aktivitas masyarakat, gaya hidup, dan alam sekitarnya yang indah. Semua ini membuat pengunjung merasa lebih betah untuk tinggal di sini.

Tamasya perahu
(Tamasya perahu/Foto: medcom.id)

Tamasya Naik perahu.

Kegiatan ini merupakan salah satu pilihan wisata tamasya yang paling populer di Setu Babakan. Kita bisa mencoba mengelilingi setu yang luasnya 32 hektar ini menggunakan perahu berbentuk naga. Jangan khawatir, Anda akan diminta untuk mengenakan jaket pelampung sebagai bagian dari keselamatan. Fasilitas bermain air lainnya yang bisa kita nikmati adalah perahu dayung atau perahu bebek. Jika Anda datang ke Setu Babakan bersama teman atau keluarga, pasti akan sangat menyenangkan. Memiliki berbagai bentuk hewan air yang lucu membuat anak-anak senang saat diajak bermain dengan perahu dayung ini.

Fasilitas  Umum

Sebagai salah satu kawasan cagar budaya, desa Betawi Setu Babakan telah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti tempat ibadah (mushola), panggung pertunjukan seni, taman bermain anak-anak, teater terbuka, wisma tamu, dan suvenir. toko. Dengan fasilitas tersebut, kita bisa berfoto dengan pakaian adat Betawi.

Kuliner
(Kuliner Jajanan ala Betawi/Foto: kumparan.com)

Kuliner Betawi

Ini adalah aktivitas paling populer di Desa Budaya Betawi Setu Babakan. Kita bisa mencoba berbagai makanan khas Betawi yang banyak tersedia di daerah ini. Dari kulit telur, soto betawi, ikan pecak, pucung gabus, gado-gado, laksa, tauge rebus, geplak, ketupat, bir pletok, dodol, uli tape. Harganya pun tidak terlalu mahal. Kami terhubung dari Rp. 18 ribu menjadi Rp. 35.ribu saja.

Budaya
(Pagelaran Budaya)

Mengenal budaya Betawi

Bagi Anda yang datang dengan rombongan, Anda mungkin akan diminta untuk dipandu oleh petugas administrasi Setu Babakan. Biasanya rombongan wisata akan mendapatkan paket untuk belajar tentang budaya Betawi. Kita akan disuguhi tarian khas Betawi, yaitu tarian topeng yang dibawakan oleh anak-anak yang mengikuti kajian budaya di Babakan setu. Selain menyaksikan tariannya, kita juga bisa melihat bagaimana cara membuat Dodol Betawi . Tidak hanya menonton, kita juga bisa mencoba membuat dodol Betawi. Bahkan hasil yang didapat dodol Betawi bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

 

Check Also

Sudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Selatan Mengelar Festival Kebayoran Lama

Sudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Selatan Mengelar Festival Kebayoran Lama

Jakarta, 27 – 28 Agustus 2022, Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Selatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *