Tarian Lenggang Nyai
Tarian Lenggang Nyai

Tari Lenggang Nyai Berasal Dari Betawi

kebudayaan betawi – Tari Lenggang nyai berasal dari Betawi atau Jakarta. Tarian ini. Atau lebih dikenal masyarakat sebagai tari Betawi Lenggang.

Setiap tarian tradisional memiliki pesan yang disampaikan dalam setiap gerakannya. Ada cerita yang menginspirasi koreografer untuk menciptakan gerakan tari, seperti cinta, gairah, perjuangan, dll. Salah satu tarian yang terinspirasi dari hal tersebut adalah Lenggang Nyai, sebuah tarian yang berasal dari tanah Betawi yang menceritakan kisah Nyai Dasimah.

Asal mula tari lenggang ini diambil dari kisah Nyai Dasimah, Nyai Dasimah adalah seorang gadis Betawi cantik yang dalam kebingungannya memilih dua pasangan, seorang Belanda dan seorang Indonesia. Dia kemudian menjadi istri orang Belanda Edward William. Merasa terikat dengan aturan yang ditetapkan suaminya, Nyai Dasima menggunakan ini sebagai alasan untuk memberontak terhadap pelanggaran yang dilakukan terhadap dirinya. Perjuangan hak perempuan itulah yang menginspirasi Wiwiek Widiastuti untuk mengenang perjuangan Nyai Dasima dalam gerakan tari Lenggang Nyai.

Karakter tarian ini menggunakan bentuk gerak yang lebih cair sebagai perwujudan masyarakat Betawi. Terkadang, karena dia tidak bisa mengambil keputusan, gerakan tarian ini menunjukkan bagaimana dia bergerak dari sisi ke sisi. Selain itu, tari Lenggang Nyai juga menceritakan tentang keceriaan dan ketangguhan gadis cilik Betawi dan tentunya kebahagiaan Nyai Dasima yang bisa menentukan pilihan hidupnya.

Seperti tarian Betawi pada umumnya, tarian ini juga dibawakan dengan iringan musik Gambang Krumong yang mengandung unsur budaya Tionghoa. Bahkan dari segi kostum yang dikenakan oleh para penarinya. Dominasi warna merah cerah dan hiasan kepala identik dengan tradisi Cina.

Meski tergolong tarian baru, namun tari Lenggang Nyai bisa dikatakan populer di kalangan masyarakat Betawi dan sekitarnya. Seperti halnya Ondel-ondel, tarian ini juga sering menjadi simbol khas masyarakat Betawi. Hal ini dibuktikan dengan seringnya diperkenalkan pada acara-acara khusus di luar negeri dan nama lain yang terkait dengan tarian ini, tari Lenggang Betawi. Tarian ini dari Betawi. Dalam tarian ini terlihat adanya unsur tanjidor dan tarian topeng yang sangat terkenal. [Rudy_Albdr]

 

 

 

 

Pencarian Berdasarkan Kata Kuncihttps://www kebudayaanbetawi com/1822/tari-lenggang-nyai-berasal-dari-betawi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *