Resep Sederhana Membuat Kue Rangi Khas Betawi

Resep Sederhana Membuat Kue Rangi Khas Betawi

Membuat kue rangi sebenarnya mudah. Selain itu, proses pembuatannya juga tidak rumit. Jika Anda tertarik dengan rasanya, buat sendiri di rumah. Dijamin Anda bisa melakukannya.

Untuk bahan utamanya, siapkan saja 400 gram tepung sagu, dan usahakan pilih tepung sagu yang berkualitas. Selain itu, sediakan juga 200 gram kelapa tua parut, 1 sendok teh garam dan 125 ml air.

Untuk menghasilkan kue rangi yang enak, cobalah untuk mendapatkan cetakan kue rangi. Anda tidak boleh meniru pedagang kue rangi, karena mereka sangat berpengalaman dan ahli dalam membuat kue rangi.

Apalagi harga cetakan kue rangi tidak terlalu mahal. Cetakan ini sangat mudah ditemukan di toko alat dan bahan kue atau bisa juga dicari di pasar tradisional. Kemudian langkah-langkah membuat kue rangi adalah sebagai berikut:

  1. Campur terlebih dahulu tepung sagu, parutan kelapa, dan garam sambil disiram

air sedikit demi sedikit lalu uleni. Proses pengulenan seperti ini berlangsung

sampai adonan kue rangi tampak berbutir.

  1. Setelah adonannya selesai maka lanjutkan dengan mencetaknya. Caranya adalah panaskan cetakan terlebih dahulu di api yang sedang lalu tuangkan adonan kue rangi ke dalamnya. Tutup dan tunggu kira-kira 5 menit dan kue rangi sudah matang.
  2. Lanjutkan dengan mengangkat kue rangi yang sudah matang tadi dari cetakan lalu lakukanlah hal yang sama seperti tadi dengan sisa adonan kue rangi sampai sisa adonannya habis.

Adapun cara membuat kuah kue rangi sebenarnya tidak kalah mudahnya, anda hanya perlu mengolesi gula merah lalu masak dengan air hingga gula merah larut. Untuk efek pengentalan saus pasta yang biasa, campurkan sekitar 1 sendok makan tepung sagu yang telah dilarutkan sebelumnya dengan menggunakan cangkir air dingin.

Dan Anda hanya perlu mencampurkan larutan sagu dengan sirup gula merah yang masih mendidih. Kemudian aduk hingga adonan tercampur rata, hingga konsistensi sirup gula merah kental.

Kota Jakarta selain menyimpan banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, juga menyimpan berbagai jajanan tradisional yang dijamin enak. Salah satu contohnya adalah kue Rangi. (Yas/RD)

Check Also

MEROWAHAN DAN MALEM GANTI BUKU

NUNGGUIN NGADUK

CERITA PUASA ANAK BETAWI Pengantar Ahlan wasahlan syahri Ramadan. Bulan puasa ini, laman www.kebudayaanbetawi.com menurunkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.