Asal Usul Nama Kemayoran

Asal Usul Nama Kemayoran

kebudayaan betawi – Asal Usul Nama Kemayoran berasal dari nama seorang Mayor Isaac De L’ostal De Saint Martin pria berkebangsaan Prancis pemilik tanah kawasan ini pada abad ke-17. Secara resmi nama Kemayoran muncul di peta Batavia pada tahun 1840,

Pengurus Lembaga Kebudayaan Betawi Yahya Andi Saputra Cikal bakal manusia di akhir abad ke-17 dinamakan komunitas betawi. Kemayoran memiliki sejarah awal betawi pada masa itu, kawasan Kemayoran mayoritas adalah orang betawi. Kawasan Kemayoran memiliki beberapa kecamatan bagian utara tanjung priok, sawah besar disebelah barat, kelapa gading berada di sebelah timur, cempaka putih dan johar baru dibagian selatan.

Asal Usul Nama Kemayoran memiliki mayor yang bertugas mengawasi daerah tersebut. Mayor  diperintahkan oleh Gubernur Belanda untuk mengawasi kawasan Kemayoran. Yahya mengatakan ada seorang yang bernama Isaac Saint orang Eropa berdarah Prancis dia meninggalkan kampung halamannya dan memutuskan bergabung dengan VOC dan jadilah tentara VOC.

Yahya menceritakan ketika dia di Batavia saat itu, menjadi tentara VOC sudah berpangkat letnan. Dia membantu VOC untuk memperkuat pengawasan daerah dan melawan perlawanan dari bagian banten, barat pulau jawa dibawah Sultan Ageng Tertayasa. Dia berhasil menangani kekuasaan VOC hingga diberikan hadiah atas kemenangannya dengan kawasan  bernama Kemayoran.

Tuan Isaac Saint sudah berjasa kepada kolonial Belanda karena berpangkat mayor jadilah tuan tanah Mayor. Jadi beberapa wilayah selain Kemayoran, kawasan senen, weltvredem dan macam lainnya yang berkaitan dengan nama etnik tersebut.

info lebih lengkapnya bisa tonton sampai habis Mengenal Asal Usul Kemayoran.

ASAL USUL NAMA KEMAYORAN

Check Also

Kebaya Krancang

Kebaya Krancang kebaya adat betawi

  kebudayaan betawi – Kebaya Krancang atau disebut juga Kebaya Encim adalah salah satu kebaya Betawi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.