Kebudayaan betawi – Khatam Qur’an di Betawi sering disebut Tamatan Qur’an. Upacara ini sangat penting bagi orang Betawi karena ini sebagai pertanda bahwa seseorang yang sudah melaksanakan upacara Tamatan Qur’an dianggap telah menjadi orang yang mengerti ajaran agama Islam. Seorang anak yang didaftarkan ngaji di langgar atau masjid oleh orang tuanya, memang tidak melulu mempelajari atau diajari bagaimana membaca Al-Qur’an dengan baik dan berakhlak. Ketika mendaftarkan itu, biasanya orang tua si anak akan berkata kepada ustaz : “Pak Ustaz (sering juga memanggil Kong Aji karena biasanya guru ngaji sudah tua alias ude beumur), saye nitip buang anak saye ame Ustaz, tulungin diajarin akidah, panjang pendeknye baca Qur’an, ngambil aer sembahyang, ame bebacaan laennye. Pokonye terserah ama Ustaz aje, deh!”
Belajar ngaji di musholla atau masjid yang dipimpin oleh seorang ustaz/guru ngaji memang belum menggunakan metode atau kurikulum yang terencana dan terpadu seperti saat ini. Mata pelajaran yang diberikan yaitu : Qur’an, akidah – akhlak, dan fikih. Pelajaran Qur’an meliputi akhlak membaca Qur’an, pengenalan huruf, makhraj huruf, sifat huruf, tajwid, tafsir/pengertian Qur’an, dan nagham atau tausikh. Nagham ini mempelajari lagu-lagu Al-Qur’an – kalau dalam musik pop disebut mempelajari notasi (solmisasi). Nama-nama nagham ini antara lain : Bayyati, Nahawand, Rost, Hijaz, Sika, Jiharkah, dan lain-lain. Tapi tahap ini baru diajarkan bagi murid yang sudah sampai tahap fasih, baik makhrajul huruf maupun ilmu tajwidnya. Dan bagi yang telah memahami dan menguasai nagham diperkenankan mengikuti musabaqah tilawatil Qur’an (MTQ).
Pelajaran akidah – akhlak meliputi sifat dua puluh (keesaan Allah), sifat-sifat Nabi dan Rasul, menghormati orang tua, menghormati guru dan teman. Pelajaran fikih meliputi cara berwudhu, istinja, bacaan shalat wajib dan sunat, mengenal najis, kewajiban puasa, bayar zakat, dan lain-lain. Semua pelajaran itu diberikan oleh hanya seorang guru ngaji/ustaz yang kadang-kadang dibantu oleh seorang murid yang lebih senior. Waktu belajarnya sehabis Maghrib untuk anak-anak 5 sampai 10 tahun yang baru kenal huruf dan istilahnya masih membaca surat kecil (juz amma/juz ke-30), dan sehabis Isya atau sehabis Subuh untuk remaja. Sebelum guru ngaji mengajar, semua murid menbaca Qur’an dengan suara keras yang disebut ngederes dan melagukan shalawat Nabi. Saat ini waktu mengaji bagi anak-anak dilakukan pagi, siang dan sore yang dikelola oleh TPA dengan menggunakan metode IQRA.
Dulu belajar ngaji juga tidak dapat dipisahkan dengan belajar maen pukulan atau belajar silat. Belajar maen pukulan diberikan mulai pukul 21.00 WIB dan khusus bagi murid remaja. Bahkan kemudian datang pula orang-orang (remaja maupun dewasa) yang tujuannya untuk belajar maen pukulan. Jadi semakin malam suasana justru semakin ramai. Ibu ustaz biasanya menyediakan air teh dan rebusan singkong atau ubi. Memang umumnya seorang guru ngaji adalah juga seorang yang mahir maen pukulan. Itulah sebabnya seorang guru ngaji (apakah dia berstatus ustaz, mualim, guru/kyai) akan sangat disegani oleh masyarakat sekitarnya. Bahkan banyak jagoan yang meminta nasehat atau meminta dibuatkan wafak oleh guru ngaji.
Belajar ngaji yang dilakukan orang Betawi secara tradisonal seperti itu tidak dipungut biaya. Seorang guru ngaji/ustaz tidak meminta bayaran namun tidak juga menolak hadiah dari orang tua murid. Orang tua murid yang punya kelebihan atau tingkat ekonominya memadai biasanya memberikan uang sebagai uang bayaran yang disebut uang minyak. Atau hadiah lain berupa barang, misalnya, kelapa, beras, ayam, bahkan kambing. Tapi kebiasaan anak-anak ngaji yang dapat dianggap sebagai pengganti bayaran adalah membantu menyapu, mengisi bak mandi, mencari rumput untuk ternak, bahkan kerja bakti mencangkul di sawah dan sebagainya. Uang minyak yang disebut di atas maksudnya sebagai uang pengganti membeli minyak tanah yang digunakan untuk memasang lampu petromaks atau lampu gembreng. Maklum saja waktu itu listrik belum masuk sampai ke pelosok-pelosok kampung. Anak-anak ngaji pun selalu membawa colen atau obor sebagai alat penerang perjalanan mereka pergi dan pulang.
Belajar ngaji memakan waktu cukup lama. Masalah waktu memang tergantung dari daya tangkap murid sendiri. Kalau si murid ber-IQ di atas rata-rata (orang Betawi menyebutnya terang ati), tentu dia akan lebih cepat menangkap pelajaran dan dalam tempo dua tahun dia sudah bisa merampungkan dan menamatkan pelajarannya. Tapi kalau daya tangkap murid lemah atau bebel, tentu saja masa lima tahun pun belum mampu menamatkan pelajaran. Murid bebel biasanya pula lebih sering menerima hukuman, entah berupa sabetan dengan rotan atau jenis-jenis hukuman lainnya. Murid demikian disebut sebagai murid kapalan.
Penentu bahwa murid sudah layak dikatagorikan rampung dan tamat adalah nguru ngajinya sendiri. Karena memang guru ngajilah yang mengajarkan dan mengamati secara intensif. Murid yang dianggap sudah tamat akan dipanggil gurunya dan kepada murid tersebut dikatakan bahwa dia sudah tamat. Tidak ada STTB atau ijasah atau dokumen tertulis lainnya. Cukup diucapkan dengan kata-kata. Jika ditulis ke dalam fragmen akan seperti di bawah ini.
- Biasanya si anak (umurnye kira-kira sebilan taon) yang ude khatam Qur’an memberitahukan orang tuanya, bahwa dia telah tamat mengaji dibawah bimbingan Guru Ngaji di musholla, masjid, atau di tempat pengajian yang diikutinya.
“Be, aye kan ude tamat Qur’an, mao diadain acare namatin nggak?” begitu kata si anak (kita sebut aje namenye Ahmad) yang ude khatam Qur’an.
“Lu ude tamat?” Tanya si babe sambil garuk-garuk pala mau mastiin.
“Ude, Be. Kemaren ari Kemis Ustaz bilangin ke aye.” Jawab si Ahmad dengan wajah bangga.
“Al-hamdulillah … Ahmad anak Babe ude tamat. Bae deh, nanti Babe dateng dan ngomong ame Ustaz di masjid, sekalian juga Babe mao nebus lu.” Jawab si Babe.
Nebus artinya sang ayah akan menjemput (mengambil) anaknya yang sudah tamat dari guru ngajinya. Dalam nebus ini sang ayah membawa seekor ayam jago yang dibungkus dengan kain putih dan dicampur dengan tujuh rupa kembang.
2. Si Babe lalu berangkat ke masjid, atau musholla tempat anaknya ngaji.
“Asalamualaikum, Ustaz”
“Waalaikumsalam. Tumben?”
“Orang kate, Sad. Si Ahmad ngakunye ude tamat ngaji ama Ustaz. Makanye saya mau mastiin kebenerannye.”
“O, itu. Bener. Si Ahmad kagak bandel, rajin dan atinye terang. Kagak suse-suse kite ngajarinnye, cepet nangkepnye. Pengen, deh, punye seratus murid model si Ahmad, biar kagak pegel rasenye.”
“Jadi bener si Ahmad ude tamat?”
“Kagak sale lagi!”
“Alhamdulillah. Ini, Sad, saye bawa ayam jago. Niatnye, sih, saye mao nebus si Ahmad biar ape nyang ude didapet jadi berkah.”
“Pake bawa-bawa begisian segale. Saye ude seneng si Ahmad bisa namatin Qur’an. Bebawaan beginian, sih, cuman tradisi. Kagak bawa pengaruh ape-ape. Kate anak-anak sekarang kagak ngaruh!”
“Tradisi, pan, akarnye, Sad. Upama kite lupa ame akar, ya, mingkinan jau aje, deh. Ini kali tamatan Si Ahmad mao diramein, Sad. Biar Si Ahmad gumbira ati dan tambe semanget ngajinye”
“Cakep. Cakep banget. Mao diramein di sini atawe di rume?”
“Maknye Si Ahmad pengen di rume aje katenye. Saye juga minta tulung sama ustaz nanti mimpin segale acaranye.”
“Bae kalo gitu. Ngomong-ngomong kapan dirameinnye?”
“Malem Sabtu aje, Sad. Biar bisa ngundang tetangge ame ngumpulin yatim-piatu. Begitu aje, Sad. Saye balik dulu, deh, ngasi tau Maknye Si Ahmad biar siap-siap. Assalamualaikum…”
“Waalaikumsalam”.
3. Orang tua Si Ahmad ngundang tetangga, ngundang yatim-piatu. Biasanya di masjid atau di pengajian tempat Si Ahmad ngaji diumumin bahwa Si Ahmad mau tamatan Qur’an, tetangge bole dateng ngeramein atawe nyi’arin.
4. Di hari pelaksanaan upacara tamatan.
Si Ahmad udah diriasin dengan memakai pakean gamis putih lengkap dengan topi hajinya. Lalu Si Ahmad diantar keluaganya ke tempat ngajinya. Di tempat ngaji ini Si Ahmad sudah ditunggu Guru Ngajinye, teman-teman ngajinye, dan tukang ngarak (bisa kumpulan rebana ketimpring, atawe nyang semacemnye).
Dari tempat ngaji ini (musholla, masjid, dsb) diadakan upacara pelepasan. Upacara pelepasan ini dengan:
- Sambutan pelepasan yang disampaikan oleh Guru Ngaji Si Ahmad.
- Pembacaan Shalawat Dustur.
Pelepasan menuju rumah Si Ahmad diiringi rebana ketimpring. Si Ahmad bisa naek kuda, atawa naek delman kalo rumahnye jauh. Tapi kalo deket cukup jalan kaki. Rebana ketimpring bisa dengan Shalawat Badar. Guru Ngaji dan teman-teman Si Ahmad nganterin.
5. Sampai Di Rumah.
- Disundutin petasan (tapi sekarang tidak dilakukan lagi karena sudah disadari bahwa itu perbuatan mubazir)
- Semuenye pada masuk dan duduk besile di atas tiker pandan nyang ude digelar atau kalau saat ini di atas karpet.
- Si Ahmad duduk di tempat nyang ude disediain khusus, biasanya di antara guru ngaji dan ayahnya (maklum die kan protagonisnye alias pengantennye).
- Protokol membuka acara, baca surah Al-Fatihah.
- Sambutan tuan rumah (sohibul bait) sebagai ucapan terima kasih dan ngejelasin maksud acara ini.
- Kyai atau guru ngaji diserahkan memimpin upacara diawali dengan membaca ummul Qur’an.
- Langsung pembacaan 13 surah terakhir dari juz ke-30 dipimpin oleh guru Ngajinye Si Ahmad, atawa kyai nyang dipanggil. Ke-13 surah dimaksud adalah:
- Surah At-Takatsur
- Surah Al-Asr (Wal-asri)
- Surah Al-Humazah
- Surah Al-Fiil
- Surah Al-Quraisy
- Surah Al-Maauun
- Surah Al-Kautsar
- Surah Al-Kaafiruun
- Surah An-Nasr
- Surah Al-Lahab
- Surah Al-Ikhlash
- Surah Al-Falak
- Surah An-Naas
- Doa Khatam Qur’an yang dipimpin oleh guru ngaji atau orang yang diberi kepercayaan untuk memimpin doa itu.
- Dilanjutkan dengan merowahan atau tahlilan (zikir-tahlil)
- Dilanjutkan dengan pembacaan maulid Nabi Syarafal Anam (Al-Barzanji) lengkap dengan doanya.
- Ceramah agama berkenaan dengan tradisi Khatam Qur’an.
- Doa penutup (doa tahlil dan doa pendek)
- Makan bersama (antara lain yang khas nasi kuning)
- Bagiin berkat
- Tetamu pade pulang
CATATAN :
Biasanya ada hiburan. Hiburannye kasidah atawa orkes gambus. Kalo shohibul bait orang ade punye alias orang kaya, bisa nanggap Shohibul Hikayat. Khatam Qur’an ini acara yang kental dengan Islam, jadi hiburannye kagak ade tari-tarian yang seronok. Biasanya tari Zapin Betawi, rebana biang dengan tari Belenggonya, Sambrah Betawi, orkes gambus atau pada saat ini ada jenis kesenian yang sedang dikembangkan yaitu Hajir Marawis. Atau pada saat ini tuan rumah nyetel video/VCD karena biayanya murah. Jelasnya anak tamat Qur’an harus dihibur agar masa datang ia lebih giat belajar. (Yahya Andi Saputra)