kebudayaan betawi.com – Acara Kebesaran : Prosesi dan Narasi. Mempelai wanita (Tuan Putri) didahului dua gadis kecil sebagai pengapit memasuki ruangan menuju puade didampingi kedua orang tua, tukang rias, saudara (kakak & adik) serta famili lain dan pengantar lainnya. Kegiatan ini diiringi lagu sirih kuning.
MC: Hadirin yang terhormat, Nyak, Babe, Encang, Encing, lagu Sirih Kuning ude mulain kedengeran. Ini tande bahwa rombongan mempelai wanita (Tuan Putri) mao masuk ruang resepsi dan langsung menuju puade (orang Betawi pinggir menyebut puade dengan istilah taman). Kite saksiin rombongan Tuan Putri diawali oleh dua pengapit (dua gadis kecil) yang membawa kembang adep-adep. Kembang adep-adep ini berisi nasi kuning. Tuan Putri diiringin ame Tukang Rias, Nyak – Babenye dan Encang – Encingnye. Tuan Putri mengenakan busana pengantin care Cine (rias gede dandanan care none penganten Cine) dan wajahnya ditutup dengan roban tipis. Busana care Cine ini terdiri dari : 1. Tuaki, yaitu baju bagian atas yang terbuat dari bahan yang gemerlap, 2. Kun, yaitu rok bagian bawah yang dibuat agak lebar, 3. Teratai Betawi, yaitu sebagai hiasan penutup dada dikenakan sehelai kain bertatahkan emas yang dibuat mengelilingi leher dan berkancing di belakang yang disebut delime, yaitu delapan bentuk dirangkai menjadi satu sehingga menyerupai belahan buah delima. 4. Alas kaki, yaitu penutup kaki mempelai putri berupa selop berbentuk Perahu Kolek yang diperindah dengan tatahan emas dan manik-manik disebut Selop Kasut.
Acara Kebesaran. Hiasan bagian atas/wajah dan kepala mempelai wanita terdiri dari : siangko besar bercadar, ronce melati, dan lain-lain. Keseluruhan busana pengantin ini dipengaruhi oleh Cina dan Arab. Pengantin wanita (Tuan Putri) duduk di Puade didampingin kedua orang tua dan Tukang Rias.
Mempelai Pria (Tuan Raje Mude) memasuki ruangan dengan didahului dua orang pembawa kembang kelape, diiringi rebana ketimpring. Pendamping Tuan Raje Mude adalah dua orang tua, seorang jago silat, seorang tukang pantun, seorang pembaca sike serta pembawa serah-serahan terdiri dari roti buaya, sirih nanas, maket masjid-masjidan yang berisi duit, kekudang, binatang-binatangan yang dibikin dari bahan kain, dan lain-lain).
Hadirin sekalian, kite tungguin datengnye Tuan Raje Mude nyang bentaran lagi nyampe. Lapat-lapat ude kite denger robane ketimpring ditabuh, juga bacaan shalawatnye. Kayanye rombongan Tuan Raje Mude kite bakal nyampe. Dari itu kami mohon undangan atawe hadirin untuk bediri nyambut datengnye Tuan Raje Mude kite. Tuan Raje Mude kite si ganteng memakai busana nyang disebut rias gede dandanan penganten care haji. Sesuai ame kondisinye sebagai pakaian kebesaran penganten, maka dandanan care haji ini ditatah dengan emas manik-manik yang gemerlapan, yang pada saat ini lebih sering dimodifikasi dengan mote warna warni. Sedangkan motifnya disesuaikan dengan kun pakaian pengantin putrinya.
Acara Kebesaran. Lengkapnye rias gede dandanan care haji ini adalah : 1. Jubah, atawe jube, yaitu pakaian luar yang longgar dan besar serta terbuka pada bagian tengah depan dari leher sampai ke bawah, dengan kepanjangan yang kire-kire tiga (3) jari dari pakaian dalamnya atau boleh juga sama panjangnye dengan pakean dalemnya, 2. Gamis, yaitu pakean dalem jube berwarne mude, kalem, dan lembut yang tidak terlalu kontras dengen warne jubenye. Gamis ini nggak dikasih hiasan alias polos. 3. Selempang. Selempang dipake sebagai tande kebesaran. Namun demikian pakean selempang ini dipake dibagian dalem jube. Lebarnye kire-kire 15 cm, care makenye diselempangin pada pundak kiri menuju pinggang kanan. Ini artinye idup manusie cenderung salah arah alias ke arah kiri, namun pada hakekatnye arah jalan idup manusie kudu selalu digiring ke arah kanan, ke arah kebaikan. 4. Alpie, yaitu tutup kepale khas sorban haji setinggi 15 cm atau 20 cm, dililit sorban putih atau emas. Hiasan alpie adalah melati tige untai/ronce, nyang bagian atasnye diselipin bunga mawar merah dan ujungnye ditutup dengen bunga cempaka. 5. Sirih dare, yaitu lima (5) sampai tujuh (7) lembar daun sirih dilipat terbalik, ujung atau batangnye nggak dibuang. Di dalemnye diselipin bunga mawar merah. Ini merupakan lambang cinte kasih suami kepada istrinye. Biasanye di bawah bunga mawar merah di dalam susunan sirih itu diselipin juga duit dengan nilai tertinggi sebagai uang sembe. 6. Alas kaki. Sejak jaman Belande, penganten pria orang Betawi mulai memakai sepatu tutup alias vantopel. Sampai sekarang telah baku dipake menjadi bagian orisinil pakean penganten Betawi ini.