TRANSKIP LAKON BAPAK JANTUK (Babak 3)
Jantuk, Dokumentasi Lembaga Kebudayaan Betawi

TRANSKIP LAKON BAPAK JANTUK (Babak 3)

Kebudayaan Betawi –
Transkrip Pertunjukan
LAKON BAPAK JANTUK
(Ditranskrip oleh Yahya Andi Saputra)

Babak III

TRANSKIP LAKON BAPAK JANTUK (Babak 3) – (Jantuk kembali ke rumah mertuanya dan dialog dengan mertuanya)

BJ: Pa, Bapa!

ME: Siapa?

BJ: Siapa? Gua nih!

ME: La, ngapa romannya marah amat luh?

BJ: Wah, bagus dah Bapa kalu begitu. Mana Bapa kebijaksanaannya ama mantu?Mana tanda kehormatananya ama mantu?

ME: Eh, ini apa-apan ini?

BJ: E, katanya bini saya ada di sini?

ME: La, ada emang juga.

BJ: Tadi lu kaga mao bacot!

ME: Mertua dibacot-bacotin. Ya, orang lu kaga nanyain…!

BJ: Mertua nyang bagimana nyang wajib dihormaaat! Apa dikira ngga untung punya mantu saya …!

ME: Yah…! Apa untungnya punya mantu eluh?

BJ: E, bulek. Tu namanya mertua songong. Itu cucu satu apa Bapa nyuruh?

ME: Kapan itu mah, kaga disuruh juga emang resiko eluh.

BJ: La, bukan kita embelain mertua supaya punya cucu, ngumpet-ngempet kita lakonin. Lampu kita matiin. Kalu kepergokan orang apa kaga jengah! Eeeeh!

ME: Di pasar aja kalu berani mah.

BJ: La, coba itu?

ME: Orang mah Jantuk kalu ama mertua mah, biar kata marah banget juga kalu ama mertua mah jangam ampe tulak pinggang bari melotot, kaga urup.

BJ: Yah, kudunya saya nunduk hormat! Lebaran Bapa kalu ngga ada saya apa bisa makan daging?

ME: Lagi kapan?

BJ: La, itu nyang waktu motong kebo, ari tekebiran, itu nyang ampe ngengser-ngengser, siapa itu nyang ke rumah Bapa?

ME: Bawa daging?

BJ: La, itu buntut? Ilok segitu kurang panjang buntut.

ME: Ya, urup buntut mah ngengser orang panjang. Baru dapetin punya mantu banyak-banyak ampe songong kaya gini, lah! Gua juga ngajog banget punyaa mantu elu!

BJ: Coba pilih mantu nyang laen bisa kaya saya?

ME: E…, dulu mah waktu mantu gua nyang namanya si an-am-ta alaihim, la bukan maen untungnya gua. Namen kacang panjang cakep bagus tumbuhnya.Namen kacang ijo gembel isinya. Entak punya mantu elu, namen pare sepetak pait semua.

BJ: Tu…, kita kata mertua bego…!

ME: Najis punya mantu elu.

BJ: Yeh! Nama mantu an-am-ta alaihim.Saya juga lagi punya mertua si goiril magedubi.

ME: Kalu orang ada nyang namanya goiril magedubi.

BJ: Bapa an-am-ta alaihim! Lagi mertua saya nyang itu mah ngga kaya Bapa, segala nanem pare lah pait. Entak punya mertua Bapa saya piara bebek ngambang semua.

ME: E… buseh, gandulin batu ngapa biar ngelem.

BJ: La gulain apa tu pare!

ME: Kaga mao ngalah, ya.

BJ: Mana dia Ne Jantuk?

ME: Itu di belakang.

BJ: Jantuk! (memanggil Ma Jantuk)

MA’ JANTUK: Oooi…! (berbicara sendiri) La Bapanya si Jantuk apa?

BJ: Jantuk…!

MJ: Ngapah…!

BJ: (Berbicara sendiri) Tu, emamng turunan Bapanya nyang kaga semenggah. La, kehormatannya kaga ada orang desa mah, na orang dipanggil oooi, ngapah. Itu namanya ngga pelajarannya.Orang Bapanya ngga sekola. (Lalu kepada Ma Jantuk) Ngapain aja di rumah Bapa, lu?

MJ: La, orang kangen ama Bapa boleh aja. Emang ngapah si tumben luh?

BJ: Berengsek luh jadi perempuan luh!

MJ: La, ko saya dibilang berengsek.

BJ: Lu rumah gua bikinin. Masih ke rumah orang tua aja, enti katanya gua kaga kuat ngempanin, ngga kuat makein aja.

MJ: Boleh aja sekali-kali nyaba ama orang tua, la kok jadi marah amat Jantuk?

BJ: Kalu sebulan sekali pantes atau seminggu sekali. Kalu saban ari mah gua malu Tuk!

MJ: Lailah, pake munyain malu, Jantuk.

BJ: Nih, boleh nih kalu nyaba ke rumah orang tua, kita kudu bersedia bebawaan dari rumah,beli kopi beli gula, beli bakonya sirihnya emang ketauan kedoyanan orang tua kita. Kita kasih dah orang tua kita.Liat latarnya bala sapuin, tempayannya kosong isiin, nanti orang tua liat, eh anak gua udah masing-masing rumahnya juga masih perlu masih hormat amat orang tua.Gua doain ampe kapan dia berkah bisa bikin rumah nyang bagus. Tuh, begitu!

MJ: O… begitu orang tua, ya.

TRANSKIP LAKON BAPAK JANTUK (Babak 3)

BJ: Ini mah lu kalu dateng ke rumah orang tua, Nya’-nya’ ada nasi Nya’ saya mao mindo. Bukannya begawe.Tempo-tempo ke dapur ada cabe, cabe dikantongin, ada telor, telor dikandut. Heh! (Lalu tanya anaknya) Entong mana entong?

MJ: Entong? Nih, ada. Tuh!

BJ: La coba ini bocah ampe ngendel begini, apa gaka dimandiin?

MJ: Lailah, dirawatin Jantuk!

BJ: (Jantuk menimang anaknya) Waduh, neng, waduh, si genteng

ME: (dijawab oleh Mertua) Si atep

BJ: O… si eneng

ME: Nyang cakep.

BJ: O… diempangin, Neng

ME: Kan dirawain

BJ: Bapa kata si keneng dilemparin

ME: Dibawain

BJ: Waduh, mana burung bubutnya Neng?

ME: Mabur ama tekukur

BJ: Bapa kata si keneng mana rambutnya?

ME: Kapan kemaren Ema cukur

BJ: Engkongnya bisa ajah. Mana setangannya Neng?

ME: Kan di selampe

BJ: Bapa kata si keneng mana tangannya?

ME: Itu nyang ngampleh

BJ: Engkongnya bisa ajah.

ME: Mang do..

BJ: Mana cintanya Neng?

ME: Kan dibakal nulis

BJ: Bapa kata si keneng mata matanya?

ME: Itu deket alis

BJ: Bisa ajah engkongnya. Ayang Neng …

ME: (anak jantuk) Pengen!

BJ: Pengen apa Neng?

ME: Pengen makan pisang

BJ: (kepada Ma’ Jantk) E, Jantuk!

MJ: Ngapah?

BJ: Anak kita pengen makan pisang

MJ: La anak pengen makan pisang ko bilangin saya?

BJ: Waduh kudunya gua bilangin hansip kali

MJ: E, Jantuk, tiap-tiap punya laki kepengen senang, Jantuk

BJ: Semuah orang nyang berumah tangga kepengen senang. Senang itu ngga gampang Jantuk…

MJ: Pagimana?

BJ: Patokannya satu kudu sabar, kedua kudu rajin, tiga kudu bener.

MJ: Caranya?

BJ: Gunain itu. Sabar jangan sabar-sabar banget, tetep sabar, tempo-tempo kebangetan sabar, bisa-bisa kaga makan. Rajin ya jangan kebangetan rajin, tempo-tempo kebangetan rajin, jemuran orang ngga dirusuh angkat, diangkat!

MJ: Kaga kalu begitu mah, Jantuk.

BJ: Mana gua liat, ngga ada persiapan lu emang?

MJ: Persiapan apa?

BJ: Ini bocah ampe lapar kaya gini.

MJ: O… pisang?

BJ: Iya.

MJ: Nih.

BJ: Ni ada apan nih.

MJ: Iya, emang udah nyiapin.

BJ: (berbicara kepada Mertua) Pa, Pa… anak saya udah lapar, Pa.

ME: La, suapin lapar, mah.

BJ: Saya mao suapin dulu ah.

(Jantuk menimang anaknya sambil menyanyi).

Nyamanyam ja nyamanyam ja,

Pisangnya si ambon raja,

Nyang ngasih Ma’ Jantuk muda,

Anaknya makan Bapanya jaga.

Nyam tu nyamanyam tu,

Pisangnyasi raja batu,

Nyangngasih Ma’ Jantuk satu,

Anaknyamakan Bapanya satu.

Nyam plok nyamanyam plok,

Pisangnya si raja kepok,

Nyang ngasih Ma’ Jantuk montok,

Anaknya makan Bapanya caplok.

Makan Neng, makan Neng, makan Neng. (kepada mertua) Pa, Pa… Pa!

ME: Ngapah!

BJ: Anak saya ngga mao makan.

ME: Kenyang kali.

BJ: Au, romannya perutnya gendut si, punya penyakit ulaan kali.

ME: Cacingan…

BJ: Ah, selengen si!

ME: Ya, cacing!

BJ: Anak saya ngga mao makan, saya mao makan, ah.

ME: O… lu mao makan?

BJ: Iya…

ME: Ayo makan

BJ: Makan juga Pa, ngga ada apa-apanya.

ME: Ngga ada launya?

BJ: Ada lalab bocah beklai…

ME: La, pengen kesikut?

BJ: La bukan, bocah beklai kan nyang mana kalah kan atinya mepet.

ME: Mepet.

BJ: Pete! Ada itunya lagi, Pa, Ma’ Jantuk nyayur kapal.

ME: Ko, kapal disayur?

BJ: Kapal kan nyampe di bulakannya kan neba.

ME: Neba.

BJ: Bayem! Bisa aja ya Pak?

ME: Bisa aja mantun.

BJ: Ada itu lagi Ma Jantuk nyayur roda kosong.

ME: Roda kosong?

BJ: Roda kosong kan suaranya glutak-glutak-glutak

ME: Glutal-glutak-glutak.

BJ: Pake ada sampinya, Pa.

ME: Iya.

BJ: Emoh…

ME: Emoh…

BJ: Glutak-glutak

ME: Glutak-glutak

BJ: Emoh…

ME: Emoh…

BJ: Ninjo!

ME: Masa emoh jadi ninjo!

BJ: Abis kalu ngga ketemu puluran kaga nyayur?

ME: Sayur dah tu ninjo dah!

BJ: (kepada Ma’ Jantuk) E… Jantuk!

MJ: Nagapah?

BJ: Lu mah tuman, biasa!

MJ: Lah, ko diomelin?

BJ: Heh! Ngga punya pelajaran luh!

MJ: Kan lagi makan Jantuk.

BJ: Kalu laki lagi makan mandorin, dong, seorang perempuan!

MJ: O… diliatin …

BJ: Kekurangan apa, kekurangan apa kan bini tau.

MJ: Iya emang begitu kudunya.

BJ: Iya kekurangan nasi gua deket nyendoknya, kekurangan ikat gampang. Kekurangan sayur?

MJ: O… jadi berarti Jantuk kekurangan sayur makan?

BJ: Kalu kekurangan sayur masa gua ke dapur-dapur?

MJ: Ya ilah Jantuk, anggap rumah sendiri kapan saya repot ama anak…!

BJ: Ha…h!

MJ: Maksud saya kalu sayurnya kurang masuk aja ke dapur sedok dewek makan!

BJ: Buseh, sendok dewek makan?

MJ: Iya masuk ke dapur.

BJ: Emang gua orang gila makan sendok?

MJ: Kapan katanya kurang sayur.

BJ: Ngomong pake ngga ada pelajarannaya, lu ngga sekola sih lu.

MJ: La, pake ngatah kaga sekola.

BJ: Kalu kurang sayur jangan begitu dong ngomongnya.

MJ: Pegimana?

BJ: Kalu kurang sayur bawa jembung ke dapur, sendok taro di jembung, makan.

MJ: La, itu…

BJ: Makan sendok juga ya.

MJ: Nyang bener dong pikirin.

BJ: Kalu kurang sayur jangan ambil jembung, ambil paso.

MJ: Iya, gedean lagi.

BJ: Na… paso kita deketin kuali, sendok kita pegangin dulu, baru kita celubin di kuali, sendok kita taro di paso, makan sendok juga. Na, sekarang kita rendengin paso ama kuali. Sendoknya kita buang, kuali kita tibanin paso! Abis dah, abis dah!

MJ: Mao makan jadi marah-marah.

BJ: Sialan banget tu sendok, jadi makanin sendok melulu.

ALOK: Pake nye ngapa nye.

BJ: Nye?

ALOK: Nyendok sendiri, makan!

BJ: O, kalu nye mah kaga makan sendok?

ALOK: Kaga!

BJ: O, bener!

ALOK: Makanya berbahasa Indonesia nyang baik…

BJ: Ah, so’ tau ah, so’ tau ah! (memanggil Ma’ Jantuk) Tuk, Tuk…?

MJ: Ngapah?

BJ: Taroan gua dimanah?

MJ: Apa?

BJ: Eeeh… Totok peda!

MJ: Lailahaillalloh, Jantuk, dimakan kucing Jantuk…

BJ: Semua?

MJ: La, iya.

BJ: Bagus, dah.

MJ: Naronya juga rapih ditutupin paso.

BJ: Gua tau lu, apalagi gua suruh taro mas inten lu ya, ampe totok peda dimakan kucing!

MJ: Abis kalu udah dimakan kucing mao dikata apa Jantuk.

BJ: Gua tau lu emang demen ama kucing.

MJ: Ko jadi cemburuan ama kucing Jantuk.

BJ: Bole jadi kemaren dia ada urusan apa tuh sore-sore waktu gua pulang dari kantor.

MJ: Ya ilah, ilok kerja di kantor apa?

BJ: Entak gua nyampe di pintu tu kucing lari ngeliat gua, ada urusa apa dia?

MJ: Saya lagi tidur-tiduran ngelonin sambil netein, entak denger suara Jantuk, tu kucing e’ lari aja dari perut saya.

BJ: Kucing?

MJ: Iya.

BJ: Udah nangkring di perut?

MJ: Iya.

BJ: Yah… siapa nyang nahan kalu udah di atas perut.

MJ: Ya ilah, dia mah lagi numpang anget aja Jantuk.

BJ: (marah) E…! Lu gantiin kaga totok peda gua?

MJ: Kaga.

BJ: Kalu kaga lu ganti, bicara belepetan gua keja!

MJ: elepetan?

BJ: Iya! Pokonya kalu lu kaga ganti, lu jalan ke rumah Bapa lu!

MJ: O… mao dicerein, Jantuk?

BJ: Iya!

MJ: Boro-boro siang, tengah malem gua terima Jantuk.

BJ: Lu berangkat!

MJ: Ayo!

(Bersambung Bagian 4)

Check Also

LAKON MAHARAJA GAREBEG JAGAT (Bagian 12)

LAKON MAHARAJA GAREBEG JAGAT (Bagian 10)

Maharaja Garebeg Jagat – Tersebutlah seorang Penyalin dan Pengarang Sastra Melayu di Tanah Betawi pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *